Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor, Siapapun Bisa

Cara memperbaiki baterai HP yang bocor atau cara mengatasi baterai HP yang bocor sangatlah mudah. Ada setidaknya 6 langkah yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan performa baterai yang membaik dibanding sebelumnya.

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang langkah-langkah tersebut. Alangkah baiknya jika kita bahas dulu penyebab batre hp bocor dan apa saja ciri-ciri baterai bocor.

Dalam artikel ini kami akan membahas secara tuntas semuanya.

Kenali penyebabnya dan lakukan 6 cara memperbaiki baterai HP yang Bocor

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor

Ciri-ciri Baterai  Bocor

Apakah Anda pernah saat menggunakan Smartphone, tiba-tiba Smartphone itu mati karena kehabisan daya atau baterainya sudah habis?

Jika pernah, hal tersebut mungkin jadi penanda bahwa baterai HP android kamu mengalami kebocoran batre.

Salah satu penyebab umum batre hp bocor adalah penggunaan Smartphone secara terus menerus. Bahkan pada saat dicas pun smartphone masih digunakan.

Lantas, bagaimana kita tahu baterai smartphone bocor atau tidak? Apa saja ciri-cirinya?

Pertama, smartphone atau HP terasa panas pada bagian belakang (baterai)

Saat Anda gunakan, apakah pernah HP Anda terasa panas di bagian punggung HP (tepat di bagian baterai)? Jika dirasakan, intensitas panasnya makin meningkat ketika smartphone terus digunakan. Jika iya, maka ini merupakan salah satu ciri baterai bocor.

Kedua, tersambung-tidak saat dicas

Ketika melakukan charging pada Smartphone, perhatikan indikator baterai di layar HP Anda. Jika terlihat putus-sambung, maka ini juga termasuk salah satu indikasi yang perlu Anda waspadai.

Ketiga, Hp mati tiba-tiba saat daya baterai belum benar-benar habis

Ketika indikator baterai menunjukkan gambar sisa 1 tingkat, tiba-tiba HP mati. Pernah mengalaminya? Jika terjadi hanya sekali sih tidak akan membuat kita merasa ada masalah. Tapi jika ini sering terjadi, Anda harus segera menemukan solusi baterai HP tiba-tiba habis yang tepat karena bisa jadi ini penanda kebocoran baterai.

Keempat, baterai tampak menggembung

Jika Smartphone Anda memiliki Removable Battery yang artinya bisa dilepas baterainya, maka buka dan ambil baterainya.

Perhatikan apakah baterai Anda menggembung atau tidak. Jika sudah menggembung maka baterai sudah pasti bocor.

Sedangkan Anda yang memiliki Non-Removable Battery, ada cara lain untuk mengeceknya.

Kelima, persentase baterai yang tertera di layar tidak stabil

Jika layar smartphone Anda menunjukkan ketidakstabilan persentase daya baterai, misalnya, kadang turun atau bertambah secara drastis. Maka Anda harus waspada.

Cara memperbaiki baterai HP yang soak dan cepat habis

Ada 6 langkah mudah yang bisa Anda lakukan sebagai cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis. Langkah berikut berlaku untuk Removable Battery, ya?

  • Lepaskan baterai dari HP atau Smartphone Anda.
  • Jika panas, diamkan dulu beberapa saat sampai suhunya stabil kemudian masukkan dalam kantong plastik. Ikat hingga tidak ada udara yang bisa masuk maupun keluar.
  • Masukkan baterai yang sudah dibungkus rapat ke dalam freezer. Kemudian tunggu selama 9 sampai 12 jam sampai baterai benar-benar membeku.
  • Jika sudah beku, keluarkan dari freezer atau lemari es. Biarkan saja hingga suhunya berangsur kembali normal seperti suhu ruangan.
  • Jika sudah normal, pasang kembali baterai HP android Anda. Lalu cas HP selama kurang lebih 8 jam tanpa menghidupkan smartphone Anda terlebih dulu. (Pastikan ponsel pintar Anda benar-benar dalam kondisi Off)
  • Jika sudah penuh, Anda bisa menyalakan smartphone lalu melihat perubahannya. Daya baterai akan tahan lama karena cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis ini berhasil.

Note

Beberapa catatan penting yang harus Anda tahu seputar cara memperbaiki baterai HP yang bocor.

  • Cara yang Anda lakukan di atas tidak bisa membuat baterai HP menjadi baru kembali. Hanya membantu membuat daya baterai bertahan lama dan tidak cepat habis.
  • Jika Anda sedang mencari cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh coba dulu dengan melakukan cara kalibrasi baterai HP android .
  • Jika masalahnya indikator baterai android error Anda juga mungkin perlu melakukan kalibrasi terlebih dulu. Hal yang sama berlaku untuk baterai cepat habis padahal masih baru.
  • Cara di atas mungkin bisa juga Anda gunakan sebagai cara memperbaiki batre tablet yang ngedrop. Namun perlu dicatat bahwa cara ini bisa berhasil bisa tidak. Intinya hanya membantu menambah ketahanan baterai.

Tips agar baterai tidak cepat bocor

Agar baterai Anda awet, tidak cepat habis, dan bocor, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan;

  • Aturlah tingkat kecerahan layar. Layar yang terlalu cerah membutuhkan daya baterai yang lebih besar.
  • Biasakanlah diri Anda untuk melakukan cas dalam kondisi HP mati.
  • Agar awet, Anda juga bisa mematikan konektivitas seperti layanan penggunaan data, Wifi, bluetooth, dan yang lainnya ketika tidak digunakan. (Sekilas info : Mau tahu cara pakai kuota 4G di HP 3G? Klik disini)
  • Untuk menghemat daya baterai, Anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang sudah tersedia di Playstore.
  • Kurangi penggunaan Smartphone dalam setiap aktivitas. Cara ini selain bisa mengurangi ketergantungan Anda pada Smartphone juga baik untuk membina hubungan baik dengan lingkungan sekitar.

Jika cara memperbaiki baterai HP yang bocor di atas belum bisa memberikan dampak signifikan pada ketahanan baterai Anda, mungkin sudah saatnya Anda membeli baterai HP yang baru. Atau mungkin bisa anda bawa hp anda ke tempat service hp jogja yang mumpuni.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Artikel Lainnya

Mohon Maaf, Komentarnya kami tutup.
FAST RESPONSE jika ingin menanyakan sesuatu,
Langsung hubungi kontak yang tersedia