Cara Kalibrasi Baterai Android Dengan dan Tanpa Aplikasi

Secara umum, ada 2 cara kalibrasi baterai android. Yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Kalau cara yang pertama (yakni dengan aplikasi), Anda perlu mengunduh dulu aplikasinya di PlayStore.

Sedangkan cara kedua (yakni tanpa aplikasi), Anda bisa melakukannya tanpa perlu mendownload aplikasi tertentu di PlayStore. Namun, cara ini butuh kesabaran.

Mana yang Anda pilih?

Kalau saya pribadi, selama masih ada cara mengkalibrasi baterai Android guna mengembalikan performanya, maka kemungkinan besar akan saya coba keduanya.

Coba deh cara kalibrasi baterai android agar awet dengan dan tanpa root

Cara Kalibrasi Baterai Android Dengan dan Tanpa Aplikasi

Sebelum kita mulai mengetahui cara kalibrasi battery android, lebih dulu kita harus tahu kenapa baterai butuh di kalibrasi.

Kenapa perlu baterai kalibrasi pada android?

Tidak semua android butuh kalibrasi baterai. Hanya android dengan masalah pada baterainya saja.

Seperti yang kita tahu, ada banyak masalah yang bisa dialami oleh baterai. Misalnya, baterai yang dayanya cepat habis, indikator baterai android tidak sesuai dengan daya atau isi sebenarnya, hingga pengisian baterai yang terlalu lama atau bahkan baterai android tidak mau dicas.

Nah, untuk mengatasi masalah pada baterai itulah Anda perlu melalukan kalibrasi. Tujuan atau fungsi kalibrasi baterai android secara umum adalah untuk mengembalikan performa baterai. Dengan kata lain, baterai bisa kembali ke kinerjanya yang baik dan hemat.

Baca juga 13 Aplikasi Android Terbaru Terbaik Terpopuler

Fitur Bawaan Battery Stats pada Android

Pada dasarnya, ada OS android yang memiliki fitur bawaan bernama Battery Stats. Fitur ini memiliki fungsi melakukan monitor atas penggunaan daya atau kapasitas baterai. Biasanya, kapasitas baterai ini ditampilkan dalam bentuk persentase.

Cara kalibrasi battery android tanpa root – tanpa aplikasi

Meski sudah dilengkapi dengan fitur battery stats, bukan berarti baterai Anda bebas dari masalah dan tidak perlu kalibrasi. Justru kadang fitur bawaan inilah yang menampilkan informasi tak sama dengan kondisi baterai HP yang sebenarnya.

Pernahkah HP Anda tiba-tiba mati padahal indikator baterai belum menunjukkan 0%? Jika iya, maka ini saat yang tepat untuk melakukan kalibrasi baterai pada android Anda.

Bagaimana caranya?

Cara kalibrasi baterai android pertama ini dapat dilakukan tanpa root dan aplikasi. Berikut step by step yang bisa Anda lakukan dalam baterai kalibrasi kali ini;

Pertama, habiskan daya baterai

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah menghabiskan seluruh daya yang tersisa di android Anda. Untuk menghabiskan daya tersebut, jangan gunakan untuk aplikasi berat. Sebaliknya, pemakaian normal lebih disarankan.

Pemakaian normal yang dimaksud di sini seperti SMS, browsing, dll.

Setelah HP mati dengan sendirinya, pastikan bahwa HP benar-benar mati. Caranya dengan menekan tombol power sekali saja tanpa perlu ditahan.

Kedua, cas dalam kondisi HP mati

Lakukan pengisian ulang baterai dalam kondisi HP mati hingga baterai terisi penuh (indikator menunjukkan 100% (biarkan pengisian sampai 4 jam). Tujuan pengisian ini adalah agar cell baterai terisi penuh seperti saat membeli HP baru pertama kali.

Jika sudah penuh, nyalakan HP lagi dengan menekan tombol power.

Ketiga, amati persentase baterai

Ketika sudah menyala, amati apakah persentase baterai 100% atau kurang dari itu (misal 99%) – berkurang dalam waktu yang singkat.

Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu mengulang langkah pertama hingga ketiga dalam cara kalibrasi baterai android tanpa root dan aplikasi ini secara berulang hingga pada langkah ketiga persentase baterai saat mati dan dihidupkan kembali sama (100%). Atau baterai tidak berkurang persentasenya dalam waktu yang singkat.

Jika Anda sudah melakukan cara di atas secara berulang namun belum juga mendapati angka persentase yang sama, maka Anda perlu mengecek apakah ada yang rusak pada baterai secara fisik. Barangkali ada kebocoran baterai android.

Sebaliknya, jika dengan melakukan cara di atas, baterai HP Anda terasa lebih hemat dan awet. Selamat, Anda telah Sukses mengkalibrasi baterai android tanpa root.

Cara kalibrasi baterai android root (pakai aplikasi)

Cara kalibrasi baterai android yang kedua adalah dengan aplikasi, yakni Battery Calibration.

Sesuai dengan namanya, aplikasi baterai kalibrasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan kalibrasi pada baterai smartphone. Anda cukup mengunduh apk Battery Calibration di PlayStore lalu memasangnya di android Anda.

Ada dua cara utama yang bisa Anda lakukan untuk mengkalibrasi baterai dengan aplikasi Battery Calibration ini. Yaitu:

Cara pertama

  • Cas HP android Anda hingga penuh, sampai benar-benar 100%. Jangan lepas dulu kabel chargernya.
  • Jika sudah, buka aplikasi yang sudah Anda pasang di android dan amati jumlah mV yang tertulis di aplikasi tersebut.
  • Biarkan jumlah mV itu terus meningkat hingga mencapai 100% juga.
  • Jika mV dan persentase indikator baterai android bermasalah tadi sudah sama-sama 100%, klik pada bagian Calibrate atau kalibrasi baterai.
  • Smartphone Anda pun akan restart sendiri.

Cara menggunakan Battery Calibration pertama ini dilakukan untuk mengganti titik maksimal pengisian baterai. Artinya, informasi pengisian baterai yang lama telah dihapus. Jika biasanya Anda mengisi baterai 100% dalam tempo singkat, kini titik tertinggi 100%nya sudah di kalibrasi sesuai identifikasi yang dilakukan oleh aplikasi tersebut pada HP Anda.

Cara kedua

  • Masuklah ke Recovery Mode dan Pilih Advance Section.
  • Klik pada bagian Hapus Statistik Baterai (dengan memilih ini, Anda berarti telah menghapus seluruh data statistik baterai Anda, dari saat installing ROM dan riwayat terdahulunya).
  • Habiskan daya baterai Anda dengan pemakaian normal.
  • Isi ulang atau cas HP Anda (dalam kondisi Off) hingga penuh atau indikator menunjukkan angka 100%.
  • Jika sudah penuh, lepas kabel charger, lalu nyalakan HP dengan menekan tombol power.
  • Buka aplikasi Battery Calibration, ijinkan akses superuser.
  • Di sini akan ada informasi kalau kalibrasi telah sukses, kita cukup klik OK dan menutup aplikasi Battery Calibration tersebut.

Jika setelah melakukan cara kalibrasi baterai android dengan dan tanpa aplikasi di atas baterai Anda menjadi lebih hemat, maka selamat Anda sukses. Dan cara membuat betarai HP awet kembali ini sudah terbukti berhasil.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Artikel Lainnya

Mohon Maaf, Komentarnya kami tutup.
FAST RESPONSE jika ingin menanyakan sesuatu,
Langsung hubungi kontak yang tersedia